Tim Kami

FAQIH AKBAR ALGHOZALI
Ketua Proyek
MAULA NADIA
Koordinator Media
SITI FATIMAH
Kolaborator Fotografer Bawah Air
DYLAN TREGUIER
Kolaborator Fotografer Bawah Air
M. DANIE AL MALIK
NOVITA PERMATA PUTRI
MUHAMMAD WIRALAGA
ASHMA HANIFAH

Partners

Gili Shark Conservation adalah organisasi kecil yang berfokus pada penelitian ilmiah berbasis masyarakat (citizens scientific research) dengan misi untuk mempromosikan upaya konservasi melalui pendidikan dan penelitian sambil mengumpulkan data berlimpah di Taman Wisata Perairan Gili Matra untuk menilai kesehatan lingkungan dan bertindak untuk meningkatkan perlindungan dan kesehatan laut.

Indo Ocean Project didirikan oleh ahli biologi kelautan, instruktur selam, dan penggiat laut dari seluruh dunia untuk membuat pengumpulan data berstandar nasional dan program pelatihan penyelam penelitian di Indonesia, jantung dari segitiga karang. Tujuan dari Indo Ocean Project adalah untuk menghasilkan data ilmiah berkualitas tinggi untuk menginformasikan para manajer dan pemangku kepentingan lokal tentang status Kawasan Konservasi Laut (KKL), dan untuk meningkatkan kesadaran konservasi laut di antara masyarakat lokal dan masyarakat umum.

Whale Shark Indonesia merupakan sebuah komunitas untuk peneliti muda Indonesia yang memiliki fokus terhadap riset hiu paus (Rhincodon typus) di Indonesia. Peneliti yang tergabung dalam Whale Shark Indonesia melakukan penelitian untuk mengembangkan dasar ilmu pengetahuan di Indonesia, menerapkan kegiatan konservasi spesies dan pengelolaan ekosistem laut yang didasarkan pada penelitian dan membangun kemitraan dengan masyarakat, pemerintah dan swasta dalam melakukan upaya konservasi spesies dan pengelolaan ekosistem laut di Indonesia, terutama untuk hiu paus.

Sawfish Indonesia adalah sebuah komunitas konservasi pari gergaji berbasis masyarakat yang berupaya untuk mengintegrasikan antara perlindungan normatif pari gergaji dengan kehidupan sehari-hari nelayan lokal di Merauke. Berbagai program peningkatan kesadaran dan kapasitas nelayan lokal telah dilakukan untuk memastikan mereka siap menjadi garda konservasi pari gergaji di Indonesia. Pendekatan dengan pemerintah dan institusi pendidikan juga terus dilakukan untuk mengumpulkan lebih banyak informasi akademik tentang pari gergaji yang dapat mengarahkan penentuan kebijakan konservasinya di Indonesia.

Thresher Shark Project Indonesia merupakan sebuah projek konservasi hiu tikus (Alopias pelagicus) yang berbasis di Alor, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Thresher Shark Project Indonesia memiliki beberapa tujuan, termasuk yang telah tercapai diantaranya meliputi pemasangan penanda satelit pada hiu tikus, melakukan survey perikanan-sosial ekonomi, dan citizen science untuk menemukan habitat dan kekayaan spesies yang ada di wilayah penangkapan dan penyelaman, serta mengidentifikasi mata pencaharian alternatif bagi nelayan lokal. Projek ini juga melakukan program edukasi untuk meningkatkan kesadartahuan komunitas dan pemangku kepentingan mengenai pentingnya konservasi hiu tikus.